8 CARA MERAWAT MAWAR TETAP SEGAR

Anda menginginkan suasana yang lebih sejuk di dalam ruangan? Menambahkan beberapa vas bunga di sudit rumah bisa jadi pilihan tepat. Tak hanya sejuk, Anda mungkin akan jauh lebih meresa rileks dengan bantuan aroma yang dipancarkan oleh bunga tersebut, yang tentu membuat Anda memiliki istirahat cukup baik di rumah setelah perjalanan kerja atau keluar rumah yang menguras tenaga. Mawar bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin menghias rumah dengan beberapa kuntum bunga. Warnanya yang beragam dank has, serta ketahanannya yang cukup lama akan menjadikan rumah Anda kebun kecil yang nyaman dan menyejukkan. Tapi, sebelum memutuskan untuk membawa beberapa vas mawar ke dalam rumah, ada baiknya untuk Anda mengetahui dahulu tips merawat bunga mawar ini agar kersegarannya terjaga. Berikut adalah tips yang bisa Anda terapkan untuk mawar hias yang Anda letakkan dalam rumah.

  1. Pilih bunga mawar yang batangnya terasa kasar dan basah

Saat membeli mawar dari toko bunga bekasi, selain memilih kualitas mawar yang terbaik, Anda juga perlu memperhatikan bagian batangnya. Bunga mawar yangmemiliki batang kasar dan basah akan bertahan lebih lama karena bunga tersebut Anda beli dalam keadaan masih segar. Jangan ragu untuk menanyakannya pada florist tempat Anda membeli bunga.

  1. Bersihkan bagian mawar

Saat membawanya pulang dari toko bunga, jangan lupa untuk membersihkan bagian dari mawar tersebut. Terutama di bagian yang terlihat kotor seperti batang bagian bawahnya. Tak lupa, bersihkan juga bunga mawar tersebut dari daun ataupun kelopak bunga yang sudah mongering.

  1. Simpan di suhu yang tepat

Menjaga kesegaran dari mawar tak jauh dari menjaga suhu tempat mawar diletakkan untuk berada di derajat yang tepat. Dengan menjaga suhunya berada di suhu yang tepat, mawar tidak akan mudah layu, mongering, ataupun membusuk.

  1. Lindungi dari sinar matahari langsung

Berbeda dengan saat masih ditanam, buket mawar justru harus dilindungi dari sinar matahari langsung. Terlebih jika saat itu sinar matahari sedang menyengat. Hal ini karena dapat menyebabkan bunga mawar menjadi layu dan kering lebih cepat.

  1. Memperhatikan air dalam vas

Selain rutin mengganti air dalam vas tempat Anda menyimpan mawar, mengganti air pada vas harus segera dilakukan ketika air terlihat keruh. Tak hanya itu, mengatur banyaknya air dalam vas juga penting, karena ini dapat menghindarkan mawar dari kemungkinan hidrasi berlebihan yang kemudian menjadi mudah layu.

  1. Menggunakan cuka atau gliserin

Penggunaan cuka atau gliserin pada mawar akan membuat mawar terjaga kesegarannya. Anda dapat mencampurkan ari dalam vas denganbeberapa tetes cuka atau gliserin. Fungsi cuka atau gliserin di sini adalah untuk menghambat pertumbuhan dari bakteri yang mungkin menjadikan mawar mudah busuk. Anda juga dapat mengganti cuka atau gliserin dengan air perasan lemon atau beberapa potong lemon ke dalam vas berisi air.

  1. Rutin memotong ujung batang

Jika And perhatikan, saat membeli bunga ulang tahun untuk kerabat, rekan, atau kekasih Anda, pada ujung batang bunga-bunga tersebut terdapat alumunium foil, yang di sini berfungsi sebagai penampung kapas air yang digunakan untuk menghidrasi bunga. Saat sampai di rumah pastikan untuk mengingatkan kerabat, rekan, atau kekasih Anda segera membuka alumunium foil tersebut dan memotong ujung batang sekitar 1 cm agak miring, dan meletakkannya ke dalam vas berisi air. Bagian batang tersebut akan segera menyerap air dan memngembalikan kesegaran dari mawar-mawar tersebut.

  1. Singkirkan bagian yang kering atau layu

Seperti bakteri, bagian mawar yang kering atau layu dapat memengaruhi bagian bunga lain dan membuat mawar dalam vas yang sama lebih cepat layu dan kering. Untuk itu, jika mendapati salah satu tangkainya layu, segera amankan agar tangkai lainnya tetap segar.   Mencari mawar potong segar untuk dekorasi acara bahagiamu? Tak perlu bingung di Flower Chimp ID semuanya ada!