Fitur Instagram Baru, Join Chat

Perkembangan media sosial kian pesat mungkin karena adanya persaingan terbuka antara aplikasi yang makin ketat sehingga para pembuat media sosial terus mengeluarkan inovasi – inovasi terbaru. Inovasi ini diperlukan guna memberikan sensasi baru bagi para pengguna dan membuat semakin setia para pengguna. Sudah banyak buktinya, para pembuat media sosial yang kalah inovasi akan semakin lama semakin redup para penggunanya. Malah banyak yang sudah ditutup aplikasinya.

Banyak contohnya seperti Blackberry Messenger, siapa yang tidak kenal aplikasi tersebut. Disingkat BBM aplikasi tersebut sempat booming di awal – awal kebangkitan aplikasi messenger. Menawarkan fitur ekslusif karena disematkan khusus pemilik gawai Blackberry. Namun kondisi berbalik ketika BBM sudah membuka diri ke OS selain Blackberry. Lalu banyak para pembuat aplikasi mencoba meniru dan akhirnya melewati inovasinya Blackberry Messenger. Pada akhirnya harus gulung tikar di tahun ini.

Selain itu Path, sebuah media sosial yang sangat terbatas memiliki pertemanan dan memiliki fitur menginformasikan lokasi dilengkapi dengan gambar. Ada sebuah inovasi yang dilakukan oleh Path yaitu membuat kutipan secara otomatis. Namun sekali lagi tidak cukup dengan itu dan pada akhirnya juga gulung tikar di tahun ini. Masih banyak lagi yang bernasib sama dan banyak para media sosial yang eksis saat ini melakukan pembaharuan bisa setiap bulan bahkan setiap minggunya.

Kali ini mari kita ulas fitur baru dari Instagram yaitu Join Chat. Aplikasi Instagram adalah penggagas inovasi – inovasi pada media sosial. Semua mungkin masih ingat gagasannya yaitu Insta Stories atau ada juga yang membahasakan snapgram. Hal ini menjadikan sebuah trend tersendiri dan pada akhirnya semua aplikasi mengikutinya. Karena kita pasti tahu, fitur ini diperkenalkan oleh Snapchat dan akhirnya dibeli oleh Instagram lalu viral. Kembali lagi dengan beberapa inovasi yang dilakukan Instagram dari merubah tampilan profile, Instagram kini merilis fitur Sticker Chat.

Fitur interaktif terbaru ini dapat anda dapatkan di menu stories pada Instagram. Melalui fitur ini, para pengguna dimudahkan memulai percakapan skala besar dengan hanya melakukan klik pada Sticker Chat yang bertuliskan Join Chat. Hanya dengan membuat stories seperti biasa lalu disematkan sticker tersebut anda bisa membuat seperti grup pada DM dan membahas apapun tergantung apa yang anda mau. Bisa bercakap – cakap tentang liburan kemana kedepan sampai dengan ulasan film yang anda baru nonton bersama.

Sejak diluncurkan pada tahun 2016, Instagram Stories telah menarik perhatian dunia secara global. Pada akhirnya penerapan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) dilakukan berbagai media sosial agar minimal memiliki fitur yang booming di Instagram. Stories kini telah digunakan oleh 500 juta pengguna Instagram secara global setiap harinya. Bukan angka yang kecil dan menempatkan Instagram menjadi salah satu channel marketing paling efektif di tahun ini.

Sticker Chat hanya salah satu dari banyak inovasi yang dilakukan Instagram. Ada Stiker Kuis yang digunakan untuk mengajak secara interaktif para followers menjawab kuis yang diberikan oleh sang pembuat kuis. Dari situ juga kita bisa mendapatkan berapa banyak orang yang menjawab serta jawaban yang betul yang mana. Lalu ada Poll Sticker, Sticker ini digunakan untuk melakukan pooling kepada para followers akan pilihan yang kita berikan. Biasa digunakan para influencer untuk menentukan konten selanjutnya atau hanya sekedar memberikan saran. Questions Sticker, digunakan untuk membuat pertanyaan singkat dan jawaban secara essai. Hal ini banyak dilakukan untuk mendapatkan masukan masukan bagi sang pemilik.